Jumat, 25 November 2011

Masyarakat Pedesaan dan Mayarakat Perkotaan

          
                Masyarakat Pedesaan ya yang seperti kita ketahui masyarakat pedesaan adalah masyarakat atau penduduk yang tinggal di desa tingga disuatu wilayah yang kehidupanya tidak se canggih masyarakat yang tinggalnya di perkotaan . Dengan hidup sederhana dan apa adanya hiduplah masyarakat pedesaan tidak dengan alat komunikasi yang canggih serta barang barang-barang yang serba ada di desa tidak ada yang namanya mini marker atau pasara swalayan tapi masyarakat pedesaan membeli barang barang kebutuhanya harus pergi kepasar terkadang mereka juga suka pergi ke kota untuk membeli barang barang yang tidak ada di pasar tersebut , alat komunikasi mungkin sudah mulai berkembang dahulu yang tidak menggunakan telephone genggam atau handphone sekarang mungkin sudah ada yang menggunakanya karena sekarang banyak tower tower pengendali sinyal sudah mulai dipasang di daerah-daerah terpencil sehingga sinyal - sinyal sudah bisa didapat , begitu juga dengan televisi mungkin dulu hanya sinyal - sinyal dari televisi lokal saja dan harus menggunakan parabola yang besar yang bentuknya seperti mangkok itu sekarang mungkin dengan menggunakan antena sudah mendapatkan siaran televisi yang diinginkan , kehidupan masyarakat juga sebagian besar hidup dengan bercocok tanam atau berkebun , mereka hidup dengan mengurusi sawah mereka atau berkebun diladang mereka . Masalah pendidikan di masyarakat pedesaan juga jelas berbeda dimasyarkat perkotaan . Di pedesaan mungkin sekolah hanya ada beberapa saja karena sulitnya juga akses menuju jalan tersebut . hm masalah kesehatan juga mungkin di pedesaan juga belum ada rumah sakit besar yang ada hanya ada puskesmas kecil dan mungkin peralatanya sederhana dan apa adanya tidak secanggih dan selengkap di perkotaan .
               Kemudian berlanjut ke masyarakat perkotaan yaaa yang seperti kita ketahui masyarakat perkotaan ya identik dengan tinggal di kawasan kota yang sudah ramai penduduknya cara kehidupanya juga berbeda denggan gaya modern dan mungkin semua kebutuhan yang kita butuhkan sudah tersedia disana . Kehidupan yang serba canggih dengan sudah meluasnya dan banyak teknologi serta sudah meluasnya ilmu teknologi yang membuat masyarakat perkotaan lebih berpikir secara intelektual . Cara hidup dan gaya yang sudah modern , dari segi kesehatan juga di perkotaan lebih lengkap dari segi peralatan dokter , kelengkapan rumah sakit serta para perawat yang sudah banyak dengan menggunakan teknologi canggih tersebut . dari segi pendidikan juga sudah lengkap banyak sekolah sekolah yang sudah berstandar nasional dan juga banyak yang sudah berstandar international dan banyak juga tempat bimbingan belajar di perkotaan . Mata pencahariaan di perkotaan juga jelas lebih banyak dan luas tapi mungkin sekarang lapangan perkejaan yang ada makin sempit karena sudah banyak orang desa yang sudah pindah ke kota hanya untuk mencari pekerjaan yang lebih baik . 
                Intinya kehidupan masyarakat perkotaan dan pedesaan sberbeda dilihat dari segi kehidupanya , segi kesehatan , pendidikan , mata pencaharian nya , kurang teknologi yang cangggih dan wawasan mungkin kehidupan dik desa tidak seperti di kota tapi sekarang teknologi sudah meluas buktinya internet sudah masuk desa :)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review