Senin, 07 November 2011

Individu , Keluarga dan Masyarakat

Individu .. Keluarga .. Masyarakat

             Manusia merupakan makhluk individu karena pola spesifiknya cenderung mengikuti pola hidupnya sendiri bukan kecenderungan terhadap  oraang lain .Kepribadian suatu individu akan tumbuh secara perlahan melalui pertumbuhan sedikit demi sedikit dan memerlukan proses hingga bertahun tahun . Setiap individu pasti akan mengalami pembentukan kepribadian dan karakter dalam hal ini hal yang paling berperan adalah lingkungan , lingkungan dimana iya tingga misalnya keluarganya berperan penting dalam pembentukan kepribadian dan karakter seorang individu tersebut . Seorang manusia tidak dapat hidup secara individu karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang selalu harus berinteraksi dengan orang luar .


 Keluarga adalah sekumpulan dari beberapa individu yang terikat satu sama lain , seperti ada ikatan darah dan keturunan nya dan adanya perkawinan yang terjadi maka disebut lah keluarga . Biasanya anggota keluarga terdiri dari suami , istri dan anak .Perbedaan pandangan hidup dan adat istiadat setempatlah yang biasanya membedakan definisi dan fungsi sebuah keluarga dalam sebuah masyarakat Peradaban suatu bangsa bahkan dipercaya sangat tergantung oleh struktur dan interaksi antar keluarga di dalam masyarakat tersebut . Peranan keluarga sangat lah penting antara anggota keluarga satu sama lainya ayah , ibu dan anak masing masing telah mempunyai perananya masing - masing 


             Masyarakat adalah sekumpulan dari beberapa sekelompok suatu ruang lingkup  ,  biasanya memiliki satu tujuan . Dalam berkehidupan bermasyarakat kita harus saling tolong - menolong dan membantu sama lainya .Dalam berkehidupan bermasyarakat akan selalu membutuhkan aturan dan tatanan  membutuhkanya dalam suatu penerapan yang berbeda . Bangsa Indonesia dikenal dengan bangsa yang ramah masyarakatnya .Keramahanya itu bergantung pada bagaimana pola pikir masyarakat yang hidup di Indonesia  . Kultur budaya pola pikir dan struktur masyarakat membentuk  keramahan bangsa Indonesia menjadi keramahan yang alami oleh karena itu para wisatawan yang berkunjung ke Indonesia sangn senang sengan penduduk Indonesia karena keramahanya .
    
         Jadi antara individu , keluarga dan masyarakat sangat berkaitan tanpa keluarga tidak akan lahir lah seseorang individu dan bila tidak ada masyarakat sekitar maka kita tidak bis berkomunikasi dengan sesama karena masyarakatlah yang ada dilingkungan kita , yang sering bertemu dengan kita , dan bila ada apa apa atau ingin membutuhkan pertolongan masyarakat lah yang ada disektitar kita jadi kita harus bisa berhubungan dengan masyarakat yang ada dilingkungan kita .

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review