Minggu, 23 Oktober 2011

Peran Pendidikan Dalam Pembangunan

      
            Pendidikan Dalam Pembangunan menurut saya adalah sesuatu hal yang penting tanpa adanya pendidikan tingkat suatu kualitas manusia tidak ada apa apanya , pendidikan wajib diberikan kepada setiap manusia karena disitulah kita diajarkan berbagai macam ilmu pengetahuan yang tadinya kita tidak tau apa - apa menjadi tau karena kita mengalami proses pembelajaran . Dijaman era globalisasi dengan semakin luasnya ilmu pengetahuan , pendidikan dalam pembangunan melakukan segala upaya dalam perencanaan untuk melakukan perubahan dengan tujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki taraf hidup masyarakat dan meningkatkan taraf hidup serta kualitas masyarakat tersebut .
             Dalam menghadapi perubahan masyarakat yang terus berjalan secara cepat masyarakat dituntut untuk selalu belajar dan beradaptasi dengan perubahan jaman ini . Peningkatan kualitas sumber daya manusia agar menjadi nnegara yang makmur dapat dimulai dari membangun sumberdaya manusia melalui pendidikan , semakin tinggi ilmu seseorang maka akan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas , dengan berkembangnya ilmu pengetahuan yang didapat kita dapat membangun suatu bangsa dengan ilmu yang sudah kita dapat . Kita sebagai generasi penerus bangsa , pemuda pemudi Indonesia jangan sia siakan ilmu yang sudah kita dapat dari dini hingga sekarang untuk membangun negri ini menjadi semakin lebih baik lagi .
               Dalam proses pembangunan tersebut peranan pendidikan sangatlah penting . Pembangunan merupakan proses yang berkesinambungan yang mencakup seluruh aspek kehidupan masyarakat , termasuk aspek sosial , ekonomi , politik dan kultural dengan tujuan utama meningkatkan kesejahteraan warga bangsa keseluruhan . Pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia untuk menyiapkan pembangunan . Manusia yang berkualitas memiliki tiga aspek yaitu aspek sebagai individu , aspek sosial dan aspek kebangsaan . Dalam meningkatkan manusia sebagai makhluk individu yang berpotensi fisik dan nirfisik , dilaksanakan dengan pemberian pengetahuan , keterampilan , nilai dan sikap . Pembentukan nilai adalah nilai - nilai budaya dan bangsa dan juga nilai - nilai keagamaan sesuai dengan agama masing - masing dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa .

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review