Minggu, 10 November 2013

Tentang " KARYA ILMIAH "



         KARYA ILMIAH  bila kita mendengar kata itu rasanya tidak asing dan pasti berhubungan dengan yang namanya penulisan dan penelitian . Karya Ilmiah biasanya ditulis untuk mencari jawaban tentang sesuatu hal dan untuk memberikan bukti kebenaran tentang sesuatu hal yang terdapat dalam penulisan tersebut . Tulisan Ilmiah sering kali mengangkat tema tentang seputar hal yang baru dan juga belum pernah ditulis oleh orang lain .

Berikut ini adalah pengertian tentang “ KARYA ILMIAH “ menurut dari beberapa ahli :

·         Munawar Syamsudin (1994) : tulisan ilmiah adalah naskah yang membahas suatu masalah tertentu, atas dasar konsepsi keilmuan tertentu, dengan memilih metode penyajian tertentu secara utuh, teratur dan konsisten.

·         Yamilah dan Samsoerizal (1994 : 90) : memaparkan bahwa ragam karya ilmiah terdiri atasbeberapa jenis berdasarkan fungsinya. Menurut pengelompokan itu , dikenal ragam karya ilmiahseperti ; makalah, skripsi, tesis, dan disertasi.

·         Eko Susilo, M. (1995:11) : “Suatu karangan atau tulisan yang diperoleh sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya/ keilmiahannya.

·         Dr. H. Endang Danial AR., M.Pd (2001:4) :  mengemukakan bahwa karya ilmiah adalah berbagai macam tulisan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok dengan menggunakan tata cara ilmiah. Apa yang dimaksud dengan tata cara ilmiah? Yaitu suatu penulisan yang didasarkan pada sistem, masalah, tujuan, teori dan data yang digunakan untuk memberikan alternatif pemecahan masalah.

·         Djuroto dan Bambang (2003:12-13) : menguraikan karya tulis sebagai suatu tulisan yang membahas suatu masalah, pembahasan masalah tersebut dilakukan berdasarkan penyelidikan, pengamatan, pengumpulan data dari suatu penelitian baik penelitian lapangan, laboratorium atau studi pustaka.

Jadi kesimpulanya , Karya Ilmiah merupakan suatu tulisan yang dibuat oleh seseorang atau kelompok tentang sesuatu hal yang dilakukan dengan penelitian dan pengamatan suatu objek dengan tata cara yang disesuaikan dan harus dipertanggung jawabkan dari hasil penulisanya tersebut .


Tujuan Karya Ilmiah :


  • ·         Untuk menyampaikan ide atau gagasan tentang sebuah topic di dalam karya ilmiah tersebut , melalui karya ilmiah ini seseorang bisa menyampaikan hasil penelitian dan pengamatanya tersebut
  • ·         Sebagai wahana kebermanfaatan untuk orang banyak , dengan adanya karya ilmiah pasti banyak hal baru yang ditimbulkan sehingga bisa menjadi lading ilmu pengetahuan untuk orang-orang yang membacanya
  • ·         Membuktikan potensi dan wawasan ilmiah yang dimiliki oleh mahasiswa dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam bentuk karya ilmiah dan juga mampu melatih keterampilan dasar untuk melakukan penelitian.


Ciri-Ciri Karya Ilmiah :

·            Struktur Sajian : Struktur sajian karya ilmiah sangat ketat, biasanya terdiri dari bagian awal (pendahuluan), bagian inti (pokok pembahasan), dan bagian penutup. Bagian awal merupakan pengantar ke bagian inti, sedangkan inti merupakan sajian gagasan pokok yang ingin disampaikan yang dapat terdiri dari beberapa bab atau subtopik. Bagian penutup merupakan kesimpulan pokok pembahasan serta rekomendasi penulis tentang tindak lanjut gagasan tersebut.
·    
                  Komponen dan Substansi : Komponen karya ilmiah bervariasi sesuai dengan jenisnya, namun semua karya ilmiah mengandung pendahuluan, bagian inti, penutup, dan daftar pustaka. Artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal mempersyaratkan adanya abstrak.
·         
              Sikap Penulis : Sikap penulis dalam karya ilmiah adalah objektif, yang disampaikan dengan menggunakan gaya bahasa impersonal, dengan banyak menggunakan bentuk pasif, tanpa menggunakan kata ganti orang pertama atau kedua.

·             Penggunaan Bahasa : Bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah adalah bahasa baku yang tercermin dari pilihan kata / istilah, dan kalimat-kalimat yang efektif dengan struktur yang baku.


Macam-Macam Karya Ilmiah :

·           Skripsi :  adalah karya tulis (ilmiah) mahasiswa untuk melengkapi syarat mendapatkan gelar sarjana (S1). Skripsi ditulis berdasarkan pendapat (teori) orang lain. Pendapat tersebut didukung data dan fakta empiris-obyektif, baik berdasarkan penelitian langsung, observasi lapangan / penelitian di laboratorium, ataupun studi kepustakaan. Skripsi menuntut kecermatan metodologis hingga menggaransi ke arah sumbangan material berupa penemuan baru.

d      Tesis : adalah jenis karya tulis dari hasil studi sistematis atas masalah. Tesis mengandung metode pengumpulan, analisis dan pengolahan data, dan menyajikan kesimpulan serta mengajukan rekomendasi. Orisinalitas tesis harus nampak, yaitu dengan menunjukkan pemikiran yang bebas dan kritis. Penulisannya baku dan tesis dipertahankan dalam sidang. Tesis juga bersifat argumentative dan dihasilkan dari suatu proses penelitian yang memiliki bobot orisinalitas tertentu.
·             
      Disertasi :  adalah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan program S3 ilmu pendidikan. Disertasi merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam melakukan penelitian yang berhubungan dengan penemuan baru dalam salah satu disiplin ilmu pendidikan.


Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review