Senin, 03 Juni 2013

Uang , Bank dan Penciptaan Uang

      Uang ? siapa yang tidak tahu apa itu uang , semua orang pasti mengetahui apa itu uang , bagaimana bentuk uang dan apa juga kegunaan uang . Uang adalah salah alat untuk transaksi sebagai alat pembayaran yang sah , uang ada yang berbentuk kertas dan ada juga uang yang berbentuk logam . R . J. Thomas mengatakan bahwa " money is something that is readliy and generally accepted by public in payment for goods sevices and another valuable assets and for the payment for debts artinya uang adalah suatu benda yang mudah dan umum diterima oleh masyarakat untuk pembayaran pembelian barang , jasa , dan barang berharga lainya dan untuk pembayaran utang . Lalu uang memiliki fungsi sebagai :
a . Alat Tukar
b . Alat Satuan Hitung
c . Standar atau Ukuran Pembayaran Yang Ditunda
d . Alat Penyimpan Kekayaan
e . Alat pengalih Nilai / Kekayaan

Teori Uang
Ada beberapa teori tentang uang  
1 Teori Nilai Uang
    
a . Teori Barang
Menurut teori barang , uang murni berasal dari barang . Oleh karena itu , daya beli uang tergantung dari permintaan dan penawaran , kegunaan serta biaya pembuatan ( biaya produksi ) uang tersebut .

b . Teori Nominalis
Menurut teori Nominalis nilai uang merupakan nilai yang tertulis pada uang tersebutu . Nilai uang bukan ditentukan oleh nilai bahan , tetapi ditentukan oleh nilai nominal yang tertulis pada uang tersebut .

2 . Teori Perubahan Nilai Uang 

a . Teori Kuantitas
Teori ini dipelopori oleh David Ricardo , Menurut teori ini jumlah uang yang beredar ada hubunganya dengan tingkat . Maksudnya perubahan jumlah uang beredar memengaruhi harga . Jika jumlah uang beredar berkurang , maka harga - harga akan cenderung menurun . Sebaliknya , jika jumlah uang beredar bertambah , maka harga - harga akan naik . Dengan kata lain , jumlah uang dan tingkat harga selalu berbanding lurus . Jika berbandingan itu digambarkan dalam bentuk persamaan , maka akan terlihat sebagai berikut :

 M = kP

M   = uang
k    = konstanta
P    = harga

b . Teori Transaksi
Irving Fisher melengkapi teori kuantitas dengan memasukan unsur kecepatan peredaran uang dengan menggunakan rumus :

MV = PT

M = jumlah uang beredar
V = kecepatan perputaran uang
T = jumlah barang dan jasa
P = tingkat harga umum

c . Teori Pendapatan
Dikemukan oleh John Maynard Keynes menjelaskan bahwa motif memegang uang  yaitu :

1 . Motif Transaksi
Transaksi banyak dipengaruhi oleh tingkat pendapatan . Semakin besar pendapatan seseorang , maka semakin besar kemungkinan melakukan transaksi .

2 . Motif Berjaga - Jaga
Motif ini didasarkan pada adanya ketidakpastian keadaan , misalnya hari ini kita sehat tetapi besok bisa saja kita sakit , nah maka dari itu kita harus berjaga jaga dan mempersiapkan sebagian pendapatan agar dapat mengatasi kejadian yang tidak terduga sebelumnya .

3 . Motif Spekulasi
Transaksi ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan banyak walaupun harus disertai dengan resiko yang tinggi , Transaki spekulasi tidak akan dapat dilakukan jika tidak memiliki pendapatan tinggi . Tujuan yang dijelaskan sebelumnya mempengaruhi uang .

d . Teori Persediaan Kas
Dikemukan oleh Alfred Marshall mengatakan bahwa nilai uang tergantung pada jumlah pendapatan masyarakat yang dipegang atau ditahan dalam bentuk tunai . Jumlah pendapatan yang disimpan sebagai persediaan kas tergantung pada jumlah pendapatan dan tingkat suku bunga di pasar maka dirumuskan :

M = K.P.Y

M = jumlah uang beredar
K = jumlah uang untuk persediaan kas
P = tingkat harga
Y = pendapatan

Bank
Adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak . Berdasarkan kegiatanya bank dibedakan menjadi 2 bank sentral dan bank umum .

a . Bank Sentral
BI ( Bank Indonesia ) adalah bank sentral yang ada di Indonesia fungsinya adalah sebagai memelihara dan mencapai kestabilan rupiah terhadap barang dan jasa serta mata uang negara lain . Tugas Bank Indonesia adalah :
- Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter
- Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran
- Mengatur dan mengawasi bank

b . Bank Umum
Selain bank sentral ada juga yang disebut bank umum yang melaksanakan kegiatan usaha seperti menghimpun dana dan memberikan pinjaman serta menjadi pembayaran dalam bidang keuangan kepada masyarakat . Adapun usaha dan fungsi bank umum :
- Menghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan berupa giro , deposito , tabungan dan lainya
- Memberikan kredit dan menerbitkan surat pengakuan hutang
- Memindahkan uang , baik untuk kepentingan sendiri maupun kepentingan nasabah
- Menempatkan dan meminjamkan uang kepada bank lain
- Menerima pembayaran dari tagihan atas surat berharga dan melakukan perhitungan dengan pihak ketiga

     Kebijakan Moneter adalah langkah - langkah yang diambil penguasa moneter  ( Bank Sentral atau Bank Indonesia ) untuk mempengaruhi jumlah uang yang beredar dan daya beli uang . Caranya adalah dengan menggunakan instrumen - instrumen kebijakan moneter  , seperti operasi pasar terbuka , kebijakan diskonto , rasio cadangan minimum , batas maksimum pemberian kredit .

Tujuan nya adalah menjaga kestabilan ekonomi yang ditandai dengan keinginanya di dunia usaha dan meningkatnya kesempatan kerja , menjaga kestabilitas ekonomi , menjaga kestabilitas harga , memperbaik posisi neraca perdagangan dan neraca pembayaran .

Jenis Kebijakan Moneter :
- Tight Money Policy ( kebijakan uang ketat ) adalah kebijakan dari bank sentral untuk mengurangi jumlah uang yang beredar
- Easy Money Policy ( Kebijakan uang longgar ) adalah kebijakan yang diambil bank sentral untuk menambah jumlah uang yang beredar .


http://t1489.wordpress.com/2010/06/01/pengertian-uang-teori-uang/
http://sprintal-sprintul-ita.blogspot.com/2012/03/fungsi-dan-peranan-bank-umum-bpr-dan-bi.html
http://kinantiarin.wordpress.com/kebijakan-moneter/
http://littlesweetenemy7.blogspot.com/2012/05/uang-teori-uang-dan-motif-memegang-uang.html

1 komentar:

ryano93 mengatakan...

Makasih sob materi'a, bermanfaat sekali
kunjungi balik blog saya ya di:
Ikubaru Blogzia: Ekonomi

Mohon saran dan kritik'a ya
Klik juga iklan"a ya

makasih sob

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review