Jumat, 31 Mei 2013

Struktur Pasar

Pengertian Pasar 

     Pasar secara sempit bisa dibilang tempat bertemunya antara pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa , tetapi ada juga pasar yang tidak mempertemukan penjual dan pembelinya secara langsung misalnya pasar saham . Jadi pasar juga bisa diartikan secara umum adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran , sehingga bisa menetapkan harga di tempat tersebut . Lalu ada juga struktur pasar disini banyak berbagai hal yang dapat mempengaruhi tingkah laku dan kinerja dalam pasar misalnya afa jenis produksi terus juga ada jumlah perusahaan dalam pasar lalu juga ada skala produksi dan lain - lain

Pasar Persaingan Sempurna

Dalam pasar persaingan sempurna menggambarkan keadaan dimana penjual dan pembeli tidak mempengaruhi harga , sehingga harga dipasar benar-benar merupakan hasil antara permintaan dan penawaran . Permintaan mencerminkan keinginan konsumen dan penawaran merupakan cerminan keinginan produsen atau penjual
Ciri Pasar Pesaing Sempurna :
a . Pada pasar persaingan sempurna terdapat banyak pembeli , namun mereka tidak dapat mempengaruhi harga
 jadi berapapun jumlah barang yang dibeli oleh konsumen tidak akan berpengaruh terhadap harga jadi si pembeli ini dikatakan sebagai pengikut harga .

b . Dalam pasar persaingan sempurna terdapat banyak penjual
sama seperti hal nya pembeli , penjual dipasar persaingan sempurna juga tidak bisa untuk mempengaruhi harga .

c . Barang dan Jasa yang dijual bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan
Jadi disini si pembeli tidak bisa membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen a , produsen b atau produsen c , oleh karena itu disini iklan dan promosi tidak akan mempengaruhi apapun.

d . Adanya kebebasan untuk masuk dn keluar dari pasar persaingan sempurna
misalnya ada perusahaan yang mendapatkan banyak keuntungan  yang besar maka akan banyak juga perusahaan baru yang akan ikut masuk ke pasar begitu juga sebaliknya bila suatu perusahaan itu mengalami kerugian otomatis juga banyak perusahaan yang akan keluar dari pasar tersebut

e . Setiap pihak dapat mengetahui keadaan pasar dengan mudah 
penjual mengetahui tingkat permintaan konsumen , harga dan segala sesuatu yang berkaitan dengan produk begitu juga dengan si pembeli tau jenis barang dan harga nya .

f . Adanya kebebasan untuk mengambil keputusan


Pasar Monopoli

Kebalikan dari pasar persaingan sempurna , pasar monopoli dapat menentukan harga secara utuh tanpa adanya persaingan dari perusahaan lainya . Jadi dipasar monopoli ini hanya dikuasai oleh satu penjual saja yag dapat menguasai pasar dan si penjual ini bebas memberikan harga berapapun dan si penjual juga bisa mencari keuntungan sebanyak mungkin 

Ciri - Ciri Pasar Monopoli :

a . Hanya ada satu orang penjual yang menawarkan barang atau jasa kepada si pembeli
b . Terdapat banyak pembeli
c . Produk untuk pasar monopoli tidak mempunyai barang pengganti yang dekat 
maksudnya tidak ada barang pengganti yang mempunyai fungsi yang sama
d . Adanya hambatan untuk masuk ke dalam pasar .
Secara tidak langsung perusahaan yang mempunyai kesempatan untuk memonopoli suatu pasar akan berusaha membuat hambatan untuk menyulitkan pendatang baru masuk ke pasar tersebut hambatan - habatan tersebut antara lain :
 - Penetapan Harga Serendah Mungkin
 - Adanya Kepemlikan terhadap hak paten dan hak ekslusif
 - Pengawasan yang ketat terhadap pemasaran dan distribusi

Penyebab timbulnya pasar monopoli :
a . Ditetapkan oleh undang - undang
Pemeritah dapat memberikan hak kepada suatu perusahaan untuk menjual suatu produk tertentu misalnya PT. Pos Indonesia yang diberi hak monopoli oleh pemerintah untuk menjual benda - benda pos dan sejenisnya .
b . Penggabungan dari berbagai macam perusahaan
Karena membutuhkan modal yang besar dan teknologi yang canggih , maka tidak mudah bagi produsen baru 
untuk masuk sehingga terjadilah monopoli
c . Adanya hasil karya atau karya seseorang yang diberikan kepada suatu perusahaan untuk diproduksi.

Kebaikan pasar monopoli :
a . Menghindari produk - produk tiruan dan persaingan yang tidak bermanfaat
b . Menimbulkan skala ekonomi yang menurunkan biaya produksi
c . Terjaganya kesinambungan stabilitas perusahaan
d . Mendorong pengguna msin - mesin generasi terbaru dengan tingkat teknologi tinggi
e . Mendorong peningkatan kinerja dapartemen penelitian dan pengembangan guna menciptakan hal - hal baru

Keburukan pasar monopoli :
a . Penyalahgunaan kekuatan ekonomi.
b . Adanya pelecehan terhadap posisi konsumen
c . Adanya kesenjangan dalam pembagian pendapatan .
d . Tidak adanya persaingan
e . Mengurangi kesejateraan konsumen


Pasar Monopolis :

Dibandingkan dengan pasar monopoli , sebenarnya keberadaan pasar monopolis lebis sering kita jumpai dikalangan masyarakat . Kalau dalam pasar monopoli hanya ada satu perusahaan yang berhadapan dengan banyak konsumen maka dalam pasar monopolis ini terdapat beberapa perusahaan yang berhadapan dengan banyak konsumen jadi pasar monopolis adalah suatu pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa , tetapi memiliki perbedaan dibeberapa aspek . Misalnya pasar mobil di Indonesia .

Ciri Pasar Monopolis :
a . Terdapat banyak penjual
b . Jenis barang yang dipasarkan berbeda
c . Adanya kemampuan produsen untuk mempengaruhi harga 
d . Produsen lain mudah masuk kedalam pasar
e . Promosi penjualan harus aktif

Kebaikan pasar monopolis : 
Barang yang diperjual belikan dalam pasar monopolis berbeda walaupun fungsinya sama . Perbedaan bisa menyangkut kualitas , harga , atau pelayanan .  Lalu masyarakat pada umumnya selalu mendapatkan pelayanan yang baik karena perusahaan ingin memuaskan pelanggannya dan mengalahkan pesaing yang lain

Keburukan pasar monopolis :
Perusahaan harus mengeluarkan biaya promosi yang mahal karena pesaingan antar perusahaan yang tajam .

Pasar Oligopoli :

Pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan  . Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh .

Ciri pasar Oligopoli :

a . Hanya terdapat sedikit penjual dipasar
b . Terdapat pembedaan produk / corak
c . Promosi Iklan sangat dibutuhkan untuk persaingan
d . Produk - produk dari dari perusahaan dipasar oligopoli ini dapat distandarisasikan .



Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review